Profesionalisme dalam Dunia Kerja: Sudahkah Kita Cukup Profesional dalam Bekerja?

1 min read

Profesionalisme dalam Dunia Kerja

Buat wikiters yang saat ini sudah terjun dalam dunia kerja, pasti sudah tidak asing ya dengan istilah “profesionalisme”.

Apa-apa dihubungkan dengan sikap profesionalisme. Ketika izin tidak masuk kerja karena ada permasalahan dengan keluarga di rumah, langsung dicap “kamu kok nggak profesional banget sebagai pekerja??” atau ketika kamu tidak maksimal ketika meeting dengan client karena sedang berduka, langsung dapat peringatan dari bos soal profesionalisme.

Teman-teman pernah menanyakan tidak kepada diri kalian, sebenarnya profesionalisme itu apa sih? Apakah sekedar menomorsatukan pekerjaan di atas keluarga? Atau mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran kita hanya terfokus kepada pekerjaan dibandingkan kesehatan dan kenyamanan kita? Itu kah yang dikatakan dengan profesionalisme?

Daripada bingung-bingung dengan definisinya, yuk kita cari tahu bersama.

Menurut KBBI, profesionalisme merupakan mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional.

https://kbbi.web.id/profesionalisme

Dari pengertian di atas, kita menjadi tahu bahwa profesionalisme adalah perilaku serta tindak tanduk kita sebagai pekerja yang mencerminkan mutu, kualitas, dan pekerjaan yang sedang kita jalani dari suatu perusahaan. Istilah lainnya cerminan dari baik atau buruknya suatu perusahaan itu bisa dilihat dari pekerjanya.

Nah, sekarang ciri-ciri spesifiknya seseorang yang profesional dalam dunia kerja itu seperti apa?

  1. Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mendalam terhadap bidang yang sedang digelutinya.
  2. Memiliki etika kerja yang baik, seperti: selalu mematuhi peraturan dan kebijakan perusahaan, menjaga kerahasiaan perusahaan, dan menjunjung tinggi sifat jujur dan adil dalam bekerja.
  3. Bertanggung jawab penuh dengan tugas-tugas yang diberikan, seperti: mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan dengan kualitas yang baik, serta tidak lari ketika terdapat kesalahan atas apa yang dikerjakan.
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik, baik dengan atasan, bawahan, rekan kerja, maupun kepada client mereka.
  5. Mampu berpenampilan baik dan rapi sesuai dengan standar perusahaan tempatnya bekerja.
  6. Memiliki kemauan untuk terus upgrade diri.
  7. Dapat menerima kritik dan saran dari orang lain dengan baik.
  8. Memiliki inisiatif yang tinggi terhadap suatu permasalahan.

Sikap profesionalisme adalah satu hal penting yang dijunjung tinggi oleh semua perusahaan, karena dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, nyaman, dan menjunjung integritas yang tinggi.

Semoga dengan mengetahui definisi dan ciri-ciri pekerja yang profesional dalam dunia kerja teman-teman bisa terus meningkatkan sikap profesionalisme pada diri masing-masing di mana pun tempat kalian bekerja. Karena dengan memiliki sikap profesionalisme yang baik dalam dunia kerja, akan ada banyak manfaat yang akan teman-teman peroleh, seperti peluang karir yang meningkat, mendapatkan reputasi yang baik, dan dapat mencapai kesuksesan dalam dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *